Minggu, 21 Juni 2015

Cara Menaman Wheatgrass


  1. Benih wheatgrass direndam dulu selama 8 jam atau tidak direndam juga sebenarnya tidak apa-apa. Buang air rendaman lalu bilas.
  2. Siapkan media tanam setinggi kurang lebih 3 sd 5 cm di wadah yang tidak bolong bawahnya. Bisa pot atau baki atau apa saja yang sekiranya dapat cantik dilihat.
  3. Media tanam bisa pasir, sekam, kompos atau cocopeat. Cocopeat adalah serbuk sabut kelapa dan batoknya sangat menahan air sehingga cocok pisan untuk wheatgrass ini.
  4. Letakkan  benih wheatgrass dengan merata di permukaan media tanam. Tekan-tekan agar bersentuhan dengan media tanam. Siram pagi dan sore. Jaga kelembaban agar benih tidak kering. Tapi jangan tergenang. Nanti busuk.
  5. Tutup wadah dengan kain atau kertas koran, atau tissue towel. Jangan terkena matahari.  Ini ditutup sampai 3 hari. Pada hari ke 4 letakkan wadah di tempat yang kena sinar matahari tapi jangan langsung dan buka kertas penutupnya ini gunanya agar tunas menghijau.
  6. Hari 10 sd 14 wheatgrass yang sudah bercabang dua ini dapat digunting dekat pangkalnya untuk dapat dikonsumsi.
  7. Jaga benih wheatgrass agar tetap sejuk. Ruang ber-ac sangat sesuai agar suhu terjaga dibawah 25 derajat celcius. Atau letakkan di dalam rumah di tempat yang sejuk.


Selamat menanam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar